Thermocouple










Thermocouple adalah alat untuk mendeteksi temperatur pada media tertentu. Dengan adanya data temperatur yang dibaca

thermocouple kemudian dikirim ke thermo control untuk dilakukan eksekusi sesuai setting yang sudah ditetapkan.

Thermocouple beragam type dan modelnya sesuai dengan kebutuhan. Ada type K yang bisa digunakan untuk temperature rendah sampai dengan temperatur 1200 Deg.C. Ada type PT 50, PT 100 PT 500, PT 1000 yang dapat digunakan pada temperature minus sampai dengan temperature 800 Deg.C dengan akurasi yang cukup baik. Type R, Type S, Type B cocok digunakan di temperature tinggi diatas 1200 Deg.C.

Pemilihan jenis type thermocouple didalam mendesign mesin baru sangat penting. Hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah faktor ketelitian (akurasinya), bekerja pada temperature berapa. Karena jika salah didalam membuat perencaraan pemilihan typenya akan menjadi tidak efisien. Contoh : bila hanya bekerja pada temperature 500 Deg.C jika menggunakan type R sangat tidak cocok karena pada temperature 500 Deg.C bisa menggunakan type k atau PT yang harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan type R, S, B.

Material yang digunakan pada thermocouple disesuaikan dengan kebutuhan dan range temperatur yang diminta. Bisa menggunakan pipa SS304, SS316 atau ceramic yang seringkali digunakan jika thermocouple bekerja pada range temperature diatas 1000 Deg.C.