Immersion Heater









Adalah jenis elemen pemanas (element Heater) yang digunakan untuk memanaskan media cair seperti air, oli, residu dan

bahan-bahan kimia khusus yang dalam prosesnya memerlukan perlakuan panas.

Immersion heater terbuat dari pipa stainless steel dibentuk mengikuti kebutuhan yang sudah ditentukan oleh design mesinnya.

Aplikasi penggunaan immersion heater sangat luas. Dapat digunakan pada industri manufacture untuk memproses pemanasan bahan baku misalnya. Atau di Hotel berbintang seringkali digunakan untuk pengadaan air panas untuk didistribusikan ke kamar-kamar hotel. Bisa digunakan untuk kapal laut sebagai alat pemroses residu sebagai bahan bakar kapal laut.

Daya pada immersion heater pada umumnya tergolong tinggi, yaitu pada kisaran ribuan watt sampai dengan puluhan ribu watt. Sedangkan model dari immersion heater yang umum ada dua macam, yaitu bentuk screw yaitu sambungan antara mesin dan immersion heater menggunakan screw. Sedangkan untuk yang berdaya tinggi pada umumnya menggunakan flange dengan ukuran tertentu untuk sambungan antara mesin pemanas dan immersion heaternya.

Koneksi power pada immersion heater pada umumnya menggunakan 3 phase pada tegangan 380 V. meskipun tidak jarang immersion heater yang menggunakan power 1 phase pada tegangan 220 V. Semuanya tergantung kebutuhan dan ketersediaan listrik dimana immersion heater tersebut akan dipasang.

Material yang digunakan untuk Immersion adalah SS 304 dan SS 316  disesuakan dengan tingkat korosi media yang akan dipanaskan. Semakin rendah tingkat korosi media yang dipanaskan semakin tahan terhadap kerusakan. Media yang dipanaskan dan perawatan yang baik sangat berpengaruh terhadap umur immersion heater itu sendiri.

Elemen pemanas (element Heater) untuk jenis Immersion memang secara khusus di design untuk keperluan memanaskan cairan yang akan digunakan untuk proses produksi.