Bobin Heater









Elemen pemanas ( element Heater ) jenis Bobin heater adalah pemanas ( heater ) yang menggunakan isolator ceramic yang aplikasinya

seringkali dimasukan dalam pipa kemudian udara panas didalam pipa di sirkulasikan menggunakan tiupan angin atau blower.

Sesuai tipikalnya bobin heater hanya bisa digunakan pada media kering, hal ini karena bobin heater menggunakan element terbuka tidak memungkinkan untuk bersentuhan dengan media cair, Fungsi ceramic bobin disamping sebagai pelindung element juga sebagai penghantar panas untuk didistribusikan kemana panas tersebut akan digunakan.

Keuntungan dari bobin heater ini adalah bilamana elementnya rusak dapat diperbaiki dengan mengganti elementnya saja. Sedangkan ceramic bobinnya menggunakan yang lama sepanjang tidak mengalami kerusakan atau pecah. Dengan demikian bisa menekan biaya jika dilakukan penggantian elementnya saja. Mengingat dari keseluruhan struktur biaya bobin heater yang termahal terletak pada komponen ceramic bobinnya.

Elemen pemanas (element heater) bobin pada umumnya berdaya tinggi, meskipun bisa diproduksi dengan daya rendah, karena yang dimanfaatkan adalah udara yang panas yang ditiup oleh blower, daya tinggi bisa menjadi sangat efektif.