Band Heater






Band Heater adalah jenis element pemanas (element heater) yang digunakan untuk memanaskan media yang terletak didalam tabung.

Band Heater sendiri letaknya berada diluar tabung ( disabukkan ke tabung ) dengan demikian tabung akan menjadi rambatan panas antara Band Heater dan media didalam tabung yang akan dipanaskan.

Aplikasi yang lainnya adalah untuk memanaskan pipa dengan diameter tertentu. Misalnya didalam suatu jaringan pipa yang berisi media panas yang harus dijaga panasnya selama mengalir didalam pipa, maka pipa tersebut harus dipanaskan terus dengan jalan memberi Band Heater pada tiap-tiap section pada pipa tersebut. Dengan begitu pipa akan terjaga temperaturnya pada suhu tertentu sehingga media yang ada didalamnya bisa mengalir (tidak beku) sesuai yang dikehendaki.

Band Heater dibuat dalam bermcam-macam ukuran dan daya sesuai kebutuhan design mesin yang digunakan. Mulai diameter 50 mm sampai dengan 1000 mm Band Heater bisa dibuat. Dayanyapun bisa mulai 50 Watt sampai dengan 10000 Watt pada tegangan 220 atau 380 Vol.

Elemen pemanas (element Heater )Band Heater menggunakan dua macam material, yaitu menggunakan plat Stainless Steel untuk pelindungnya dan Ceramic sebagai isolator untuk band heater temperature tinggi.